Breaking News

Haedar Nashir : Umat Islam Indonesia Perlu Rekonstruksi Paradigma Keislaman

Wartaonline.net, - Islam pada abad sebelumnya dikenal sebagai agama peradaban. Migrasi umat Islam ke berbagai kawasan di negara-negara Eropa, selalu melahirkan peradaban baru. Namun kini, ironisnya, umat Islam justru terbelakang dalam melahirkan peradaban dan pemikiran baru.

Demikian salah salah satu pandangan Dr Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah saat menjadi keynote speaker dalam acara Konferensi Internasional Pembangunan Islam yang diselenggarakan oleh Universitas Jember, Kamis (22/9).

Di Indonesia, kata Haedar, umat Islam berada sebagai posisi mayoritas, namun umat Islam di Indonesia belum mampu menghadirkan Islam sebagai agama peradaban yang utuh. Sehingga sangat diperlukan adanya rekonstruksi paradigma keislaman.

“Justru sebagian umat Islam di Indonesia begitu asyik bernostalgia dengan budaya-budaya lama, yang belum tentu semuanya memberikan impac bagi kemajuan Islam, boleh saja kita bernostalgia dengan budaya dan peninggalan lama, namun tidak dijadikan segalanya dalam keislaman kita”, tutur Haedar.

Oleh karena itu, Muhammadiyah menjadikan paradigma Islam Berkemajuan, dengan tujuan agar pemikiran dan budaya keislaman, mampu membuka diri dan berdialog dengan luar dirinya.

“Kita perlu berdialog dan berdinamika dengan gagasan dan budaya-budaya Islam di luar, agar cara pandang keislaman kita, tidak sempit dan tertutup”, tambahnya.
Islam berkemajuan menurut Haedar, ingin menempatkan pandangan Islam secara lebih luas dalam melihat persoalan zaman. *** sm