Breaking News

iPhone 7 Mulai Dijual, Ini dia Perbandingan Spesifikasi iPhone 7 dan iPhone 6S

WARTAONLINE.NET -- Apple resmi meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang mengusung sejumlah pembaruan dibandingkan model pendahulunya iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

Berikut perbandingan antara iPhone 7 dan iPhone 6s seperti dilansir laman Tech Radar, Kamis :

Desain

iPhone 7 tampak mirip dengan iPhone 6S. Bedanya, iPhone 7 tidak memiliki garis antena pada bagian belakang, tombol Home yang lebih solid dan ketersediaan pilihan warna hitam pekat, Jet Black.

Apple menghilangkan lubang jack 3.5mm yang digunakan sebagai colokan headset dan menggantinya dengan headset nirkabel, atau pengguna dapat menggunakan adaptor untuk tetap dapat menggunakan headset konvensional.

Pada bagian bawah ponsel, terdapat speaker stereo yang menggantikan posisi lubang jack 3.5mm. Hal ini juga membantu Apple untuk membuat iPhone 7 tahan air dan debu dengan level IP67.

Layar

iPhone 6S mengusung layar berjenis retina dengan resolusi 1.334 x 720 piksel dan kedalaman 326ppi, sementara iPhone 7, hadir dengan layar 25 persen lebih cerah dan warna yang lebih baik.

Prosesor dan sistem operasi

Apple mendesain SoCs (System on a Chip) buatannya sendiri ketimbang menggunakan Snapdragon yang banyak dipakai perangkat Android. iPhone 7 mengandalkan prosesor terbaru, A10.

Apple mengatakan, prosesor ini 40 persen lebih baik dibandingkan A9 yang digunakan oleh iPhone 6S, serta disebut-sebut lebih hemat energi juga.

Dari segi memori internal, iPhone 6S hadir dengan pilihan 16/64/128GB, sementara iPhone 7 tersedia dengan pilihan 32GB/128GB/256GB.

Kamera

iPhone 6S mengandalkan kamera belakang 12 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel dengan sederet fitur pendukung, di antaranya Live Photos dan kemampuan video beresolusi 4K dengan 30fps.

iPhone 7, dipersenjatai stabilisasai optik dan aperture yang lebih tinggi menjadi f/1.8 untuk menangkap gambar lebih baik pada kondisi minim cahaya.

Lampu kilat TrueTone kini membawa empat LED, serta kamera depan 7 megapiksel dengan fitur stabilisasi.

Sementara itu, pada iPhone 7 Plus untuk pertama kalinya Apple membekali perangkatnya dengan dual kamera. iPhone 7 Plus memiliki dua kamera 12MP, satu kamera wide angle dan satunya lagi kamera telephoto.

Baterai

iPhone 6S mengandalkan baterai berkapasitas 1.715mAh untuk menyokong hidupnya. Untuk iPhone 7, meskipun tidak menyebutkan kapasitas baterainya, Apple mengklaim ponsel ini dapat bertahan dua jam lebih lama dibandingkan pendahulunya.

Harga

iPhone 7 mulai 649 dollar AS atau setara Rp 8,5 juta. Harga ini lebih murah ketimbang iPhone 6s pada September 2015 yang dibanderol mulai Rp 9,2 juta. Namun untuk Indonesia, belum ada informasi resmi harga jualnya.***TechRadar/Antara