Breaking News

Trend Bisnis Online Indonesia Cenderung Meningkat

WARTAONLINE.NET -- Bisnis online saat ini sedang menjadi trend di Indonesia. Banyak orang berlomba menjadi entrepreneur dengan menjadi pengusaha bisnis online. Memulai bisnis online bisa dibilang cukup mudah, yang Anda butuhkan hanya koneksi internet. Anda bisa mulai menjadi pengusaha bisnis online dengan cara menjual berbagai hal seperti barang-barang bekas tak terpakai dan lain sebagainya yang ada di sekitar Anda. Bahkan anda pun bisa memanfaatkan hobi Anda untuk memulai bisnis online. Inilah yang membuat trend bisnis online menjadi booming. Meskipun telah menjadi trend yang cukup lama, bisnis online ini sepertinya belum menunjukkan penurunan. Sehingga banyak juga yang bertanya, akankah trend bisnis online ini terus berjaya di kemudian hari? Untuk menjawab pertanyaan ini, kami paparkan beberapa hasil survey dari berbagai lembaga independen yang kami himpun dari internet.

Data Pengguna Internet di Indonesia




Gambar di atas adalah hasil survey yang dilakukan lembaga wearesocial.org yang dipublikasikan pada awal tahun 2016 yang diberi judul “Digital in 2016”. Dari data di atas, kita dapat melihat bahwa pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan. Pengguna internet di Indonesia per Januari 2016 sebesar 88,1 juta orang atau mengalami peningkatan 34% dari tahun sebelumnya. Dan dalam proyeksinya, di tahun-tahun yang akan datang penetrasi pengguna internet di Indonesia pun akan semakin besar. Data ini menunjukan bahwa semakin banyak warga Indonesia yang menggunakan internet. Semakin banyak orang yang menggunakan internet berarti semakin besar pangsa pasar bisnis online.
Data Perilaku Pengguna Internet di Indonesia

Masih dari hasil survey yang dilakukan oleh wearesocial.org, perilaku pengguna internet di Indonesia, khususnya lama waktu yang dihabiskan oleh seorang pengguna internet melalui gadgetnya, terbilang sangat tinggi. Dari data di atas, dapat dilihat bahwa hampir 12 jam dalam sehari orang Indonesia menggunakan internet untuk menunjang kegiatannya sehari-hari. Dari data ini dapat terlihat secara tersirat bahwa perilaku pengguna internet ini menjadi potensi pasar para pengusaha bisnis online untuk terus menjual produk dan layanannya.
Data Perilaku Konsumen E-Commerce di Indonesia
Dari data e-commerce di atas juga terlihat bahwa, saat ini orang Indonesia semakin menyukai berbelanja secara online. Ini lah yang menjadi motivasi para pengusaha untuk mulai menggeluti bisnis online. Trend ini pun semakin meningkat setiap tahun seiring semakin banyaknya pengguna gadget-gadget yang dapat terkoneksi langsung ke internet secara mobile seperti smartphone, tablet dan laptop.
Dari data-data di atas, tentunya dapat terlihat bahwa trend bisnis online belum akan menunjukan penurunan dalam waktu dekat. Bahkan bisa dibilang, selama masih ada internet, trend bisnis online akan cenderung meningkat. Oleh karenanya, bagi Anda yang masih ragu untuk terjun menggeluti bisnis online, anda tidak perlu ragu untuk melakukannya. Gunakan ide dan kreatifitas anda untuk menciptakan pasar tersendiri bagi produk dan layanan anda. Semoga berhasil.
Sumber : Pengusahamuslim