Breaking News

Mau Tau Manfaat Brokoli untuk Penderita Diabetes? Baca Hasil Studi Ini

Wartaonline.net,-- Menurut sebuah studi baru, mengonsumsi brokoli dapat membantu pasien diabetes untuk mengontrol gula darah para penderitanya. Dari hasil penelitian tersebut, brokoli  sangat kaya atas kandungan sulforphane ang diketahui dapat memperbarui produksi enzim dan melindungi pembuluh darah serta mencegah kerusakan sel akibat tingginya kadar gula dalam darah.

Dilansir dari Boldsky, saat ini, diabetes tipe 2 mempengaruhi sekitar 450 juta orang di seluruh dunia dan sebanyak 15 persen pasien diabetes tidak dapat menggunakan metformin lini pertama yang merupakan obat yang sering digunakan pasien diabetes, lantaran adanya risiko kerusakan ginjal.

"Dalam penelitian yang dilakukan pada tikus, senyawa ini mengurangi produksi glukosa oleh sel hati yang tumbuh  dan mengubah ekspresi gen hati dari potensi diabetes. Sulforaphane dapat membalikkan penyakit serta memotong produksi glukosa yang berlebihan dan intoleransi glukosa dengan besaran yang sama dengan metformin," jelas peneliti dari Universitas Lund, Annika Axelsson dilansir dari Boldsky.

Selain itu, Brokoli juga mengandung kromium, dimana peningkatan senyawa ini dalam tubuh akan mendorong peningkatan sensitivitas insulin dalam tubuh yang bermanfaat dalam pengendalian glukosa dan faktor-faktor terkait lainnya yang menyertai timbulnya diabetes.

Manfaat Brokoli Lainya

Tidak hanya itu brokoli juga diketahui memiliki banyak manfaat lainnya, yaitu:



  • Membantu Turunkan Kolesterol Kandungan serat yang mudah larut pada sayur ini dapat mempermudah Anda untuk buang air besar (BAB). Selain itu, brokoli dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol, terutama jika disajikan dengan cara dikukus.
  • Membantu Mencegah Kanker Memakan sayuran seperti brokoli hijau dengan jumlah yang banyak dapat menurunkan risiko Anda untuk terkena kanker usus besar dan paru-paru. Brokoli mengandung sulforaphane yang merupakan senyawa yang mengandung sulfur, senyawa inilah yang memberikan rasa pahit pada brokoli. Kandungan inilah yang membuat sayuran berwarna hijau tersebut memiliki kemampuan untuk melawan penyakit kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi lebih dari 5 porsi sayuran per minggu, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker paru-paru.
  • Dapat Meningkatkan Vitamin D Kekurangan vitamin D adalah masalah besar. Kendati brokoli tidak memiliki kandungan vitamin D yang tinggi, namun brokoli mengandung vitamin A dan K yang dapat membantu menjaga metabolisme vitamin D Anda agar tetap seimbang. Jika Anda kerap mengonsumsi suplemen vitamin D, pastikan menambahkan brokoli di dalam menu harian Anda untuk mengimbangi efek dari suplemen tersebut ya.
  • Membantu Anda Terlihat Lebih Muda Brokoli mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C. Vitamin C diketahui dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi. Salah satu manfaat brokoli hijau lainnya adalah dipercaya dapat melawan keriput dan membantu memperbaiki tekstur kulit Anda secara keseluruhan.
  • Membantu Meminimalisirkan Penyakit Akibat Diabetes Kandungan sulforaphane yang terdapat dalam brokoli diduga dapat mencegah kerusakan pembuluh darah kecil yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Kandungan vitamin C yang terdapat dalam sayur ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Daya imun yang kuat dapat membantu Anda dalam melawan infeksi.
  • Memberikan Kontribusi untuk Kesehatan Tulang Sayuran brokoli hijau memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Jika Anda mengonsumsi sayur ini, maka brokoli dapat berkontribusi untuk kepadatan tulang yang lebih sehat, dan bahkan berpotensi mencegah osteoporosis. Dalam 100 gram brokoli, setidaknya terdapat 47 miligram kalsium. Selain itu, kandungan vitamin K dalam satu mangkuk brokoli dapat memenuhi kebutuhan vitamin K harian Anda.
Namun, saat akan mengonsumsi brokoli, Anda juga harus memerhatikan cara penyimpanan dan pengolahannya agar bisa terasa semua manfaat brokoli. Ingat, jangan pernah Anda menyimpan brokoli di dalam freezer, karena setelah dikeluarkan dari freezer, kandungan gizi di dalam brokoli akan rusak. Saat memasaknya pun harus dalam waktu yang singkat.***rol/dbs

Silahkan Info bermanfaat ini dishare!