AAUI dorong ada insentif pengadaan kapal baru

0

Berita Bisnis – pemberian insentif akan lebih komprehensif dengan kebijakan baru Kementerian Perdagangan yang mewajibkan kapal dan pengangkutan barang ekspor ditangani oleh perusahaan asuransi nasional.Jakarta (ANTARA) – Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mendorong pemerintah untuk memberikan insentif bagi pembuatan atau pengadaan kapal baru agar perusahaan asuransi (marine hull) nyaman saat memberikan proteksi karena sebagian besar kapal Indonesia sudah berusia tua.

“Kapal tua relatif manuvernya tidak bagus karena usia, kekuatan fisik kapal menjadi faktor terkait kerentanan dan risiko tinggi,” kata Direktur Eksekutif AAUI Dody S Dalimunthe di Jakarta, Senin.

Menurut dia, pemberian insentif akan lebih komprehensif dengan kebijakan baru Kementerian Perdagangan yang mewajibkan kapal dan pengangkutan barang ekspor ditangani oleh perusahaan asuransi nasional.

Dody mengungkapkan hingga saat ini sudah ada 22 perusahaan asuransi yang bergerak dalam bisnis marine hull, empat di antaranya bergabung dalam konsorsium, sisanya bergerak secara individu.

Untuk premi, ia berharap besarannya sama dengan premi ekspor yang dilakukan sebelumnya oleh asuransi luar negeri.

Saat ini, sistem terus dikembangkan antara Kementerian Perdagangan dengan perusahaan asuransi baik konsorsium dan perusahaan individu.

Harmonisasi sistem tersebut ditargetkan sudah selesai pada triwulan terakhir tahun ini dan sudah bisa direalisasikan pada 2020.

Sumber : AAUI dorong ada insentif pengadaan kapal baru

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.