BPBD Lebak sisir lokasi rawan bencana

0

Berita Ekonomi – Lebak, (Warta Online) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak melakukan penyisiran di sejumlah lokasi yang masuk daerah rawan bencana menyusul curah hujan di daerah itu yang cenderung meningkat.

“Kami berharap penyisiran di lokasi rawan bencana itu  bisa mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa,” kata Pelaksana Harian Kepala BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Rabu.

Lokasi rawan bencana alam itu karena topografinya perbukitan, pegunungan, serta aliran sungai dan pesisir pantai. Potensi bencana itu di antaranya tanah longsor, pergerakan tanah, banjir, angin kencang, dan sambaran petir.

Masyarakat yang tinggal di lokasi rawan kebencanaan mencapai ribuan kepala keluarga (KK).

“Kami meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan bila terjadi intensitas curah hujan yang cukup tinggi ,” katanya.

Kaprawi menyebutkan, lokasi rawan bencana alam tersebar di Kecamatan Bojongmanik, Sobang, Rangkasbitung, Cimarga, Cibadak, Gunungkencana, Leuwidamar, Bayah, Banjarsari, Cirinten, Malingping, Lebak Gedong, Cilograng, Cijaku, Muncang, Cibeber, dan Wanasalam.

Lebih lanjut, ia mengatakan, di sepanjang 2018 kejadian bencana alam di wilayah Kabupaten Lebak, tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

BPBD setempat siaga selama 24 jam dengan melibatkan relawan tangguh bencana yang dilengkapi peralatan evakuasi dan logistik.

Selain itu, pihaknya menjalin koordinasi dengan TNI, Polri, PMI, Dinkes, pemerintah kecamatan dan desa untuk mengatasi kebencanaan.

“Kami mengimbau warga tetap meningkatkan kewaspadaan guna mencegah korban jiwa dan jika cuaca buruk sebaiknya mengungsi ke tempat yang lebih aman,” ujarnya.

 

Sumber : BPBD Lebak sisir lokasi rawan bencana

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.