Gedung bersejarah Jacobsen jadi pusat promosi kopi Sumsel

0

Berita Ekonomi – Palembang (ANTARA) – Gedung tua Jacobsen Van Den Berg peninggalan zaman dagang Belanda di Kota Palembang akan difungsikan sebagai pusat promosi kopi Sumsel dan menjadi tujuan wisata baru.

Direktur Perdagangan Internasional PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Ahmad Yaniarsyah Hasan di Palembang, Minggu, mengatakan Sumsel mulai mengekspor kopi  tahun ini, sehingga harus ada tempat promosi yang bisa merepresentasikan kopi-kopi Sumsel.

“Gedung Jacobsen agan dikembalikan fungsinya seperti semula yakni menjadi gudang kopi, mungkin akan ditambah semacam kedai supaya masyarakat bisa minum kopi di sini,” ujarnya.

Menurut dia pengembalian fungsi Gedung Jacobsen sekaligus menandai dimulainya kembali perdagangan internasional kopi Sumsel dengan ‘merek sendiri’, pada tahun ini direncanakan ekspor sebanyak 500 ribu ton.

PT PPI akan merenovasi beberapa bagian gedung tersebut karena kondisinya kurang terawat dan termasuk cagar budaya, sehingga perencanaan renovasi harus mengikuti undang-undang cagar budaya tanpa menghilangkan kekunoan bangunannya.

“Konsep finalnya belum selesai, tapi tahun ini kami targetkan sudah bisa difungsikan, baik untuk keperluan promosi kopi maupun sebagai tempat wisata bersejarah,” jelas nya.

Jika sudah resmi dibuka, masyarakat dapat menikmati beragam jenis kopi asli Sumsel seperti Kopi Semende, Lahat, dan Pagaralam sekaligus melihat proses pembuatannya, selain itu akan ditampilkan sejarah panjang kopi Sumsel yang sudah terkenal sejak tahun 1900-an.

Sumber : Gedung bersejarah Jacobsen jadi pusat promosi kopi Sumsel

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.