Kanmuri Pilihan Bijak Untuk Atap Rumah

KANMURI hadir di Megabuild Indonesia dan Keramika 2019

0
Kanmuri hadir pada ajang Megabuild Indonesia dan Keramika 2019 di JCC, Senayan, Jakarta 14 – 17 Maret 2019

Bisnis – WartaOnline.net : Hampir semua bangunan bangunan membutuhkan atap genteng, mulai rumah tinggal pribadi sampai perkantoran. Berbagai pilihan jenis genteng pun dikembangkan oleh sejumlah produsen genteng, sehingga calon konsumen memiliki pilihan beragam.

Kini tren penggunaan genteng keramik semakin diminati masyarakat. Salah satu produsen genteng yakni Kanmuri dengan menghadirkan tiga tipe pilihan genteng yakni Espanica, Milenio dan tipe Flat.

John Chang General Manager PT Satya Djaya Raya Trading Coy, Distributor Utama KANMURI menjelaskan untuk tipe espanica sangat cocok untuk desain rumah etnik dan klasik, tipe melenio yang lebih desain rumah moderen kontemporer. Terakhir tahun 2015 juga telah melansir genteng dengan tipe Flat untuk memberikan pilihan yang lebih beragam kepada konsumen. Hal ini menjadikan Kanmuri sebagai satu-satunya produsen yang memiliki tipe/profile terlengkap dibandingkan produsen sejenis.

“Kanmuri FullFlat ini merupakan genteng keramik flat pertama di Indonesia yang dibuat menggunakan kombinasi teknologi terbaru Jepang dan Eropa. Masing-masing profil memiliki range warna yang lengkap sehingga dapat disesuaikan dengan desain bangunan,”ujar John Chang di Booth Kanmuri pada Ajang Megabuild Indonesia dan Keramika 2019 di Jakarta Convention Center .

Persoalan yang kerap di hadapi masyarakat umumnya adalah masalah kebocoran atap rumah. Kebocoran atap rumah memang sangat mengganggu, pasalnya dapat merusak perabotan di dalam rumah. Meski sudah dilakukan perbaikan dengan lapisan anti bocor ataupun mengganti kepingan genteng yang rusak, namun kebocoran tetap terjadi dan malah menimbulkan kebocoran di tempat lain.

Untuk masalah kebocoran ini, Jhon Chang mengemukakan, sebenarnya ini merupakan masalah umum yang kerap terjadi pada atap, selain itu warnanya menjadi pudar. Faktor penyebabnya adalah kesatu salah memilih material, yang kedua cara pemasangan yang salah dan tidak memiliki aksesoris lengkap. Umumnya rumah di tahun pertama masih aman tidak bocor, di tahun-tahun berikutnya genteng mulai retak, meleot, sehingga air hujan merembes masuk barulah mulai bocor, perbaikannya sangat merepotkan, makan biaya dan waktu, belum tentu selesai itu, apalagi jika rumah sudah ditempati, air bocor kena sofa, lantai kayu dan lainnya.

Untuk itu, Jhon Chang menyarankan pentingnya untuk merencanakan sejak awal memilih material yang tepat untuk atap rumah. Sekarang ini di pasaran banyak beredar genteng terbuat dari beragam bahan yang memberikan jaminan bagus dengan harga terjangkau, namun setelah pemakaian beberapa tahun, tampilan atap menjadi kusam dan yang merepotkan adalah bocor. Misalnya genteng berbahan beton beresiko retak di kemudian hari, genteng berbahan aspal beresiko meleot atau istilahnya menggeliat setelah dipasang beberapa lama dan warna cepat pudar.

Espanica salah satu tipe produk Kanmuri

Untuk itu perlu diperhatian dalam pemilihan atap yang baik, yakni pertama fungsi atap. “Atap yang baik tentunya adalah atap yang secara fungsional tidak bocor dan peredam panas sehingga dapat melindungi  seisi rumah yang ada di bawahnya. Kemudian perlu dicermati juga dari segi material penutup atap. Berbagai jenis material, masing- masing memiliki karakteristik sendiri. Material genteng itu harus yang tidak retak, tidak panas, tidak meleot, tidak korosif, meredam panas dan tidak berisik. Mengingat posisi genteng berada di atas sehingga sulit dijangkau, maka genteng juga harus awet dan tahan lama agar free maintenance, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seisi penghuni rumah,”ujarnya.

Kedua,  dari Segi Estetika, Pilihlah profile genteng yang cocok dengan design rumah dan tampilan warnanya pun selain indah, juga harus tahan terhadap cuaca, tidak pudar, tidak luntur dan terlihat rapi setelah dipasang. Ketiga, genting itu harus dapat menunjang pemasangan. “Bentuk genteng yang presisi dan konsisten, akan mempermudah dalam pemasangan dan hasilnya tampilan atap menjadi rapi sehingga efisiensi waktu dan tenaga team pemasangan,”jelasnya.

Terakhir yang keempat yakni faktor kesehatan. Jadi pastikan material genteng tersebut tidak berpengaruh buruk pada kesehatan penghuni rumah, seperti misalnya material asbes karena terbuat dari mineral silica GRC dan berbentuk fiber/semen halus membuatnya berbahaya untuk kesehatan paru-paru.

“Pilih genteng berbahan aman seperti bahan keramik dan yang mampu menciptakan sirkulasi udara yang baik. Misalnya Genteng keramik Kanmuri mengenalkan Breathable Roof atau atap bernafas, membantu sirkulasi udara sisa pembuangan dari aktivitas di rumah seperti dapur atau toilet yang terperangkap di area plafon rumah, sehingga lingkungan rumah menjadi lebih sehat,”papar Jhon Chang.

Bahan keramik merupakan material paling cocok untuk daerah tropis apalagi seperti Indonesia dimana hujan lebat, lembab dan panas. Keramik itu memiliki life time panjang karena proses pembuatan bahan baku clay/tanah liat yang dibakar hingga suhu 1.100 derajat Celcius, nah bahan clay tersebut sudah berubah menjadi keramik, pasti hygienis sehingga sehat bagi penghuni di dalam rumah. .

“Apalagi bila ditambah lapisan glazur yang dibakar bersamaan dengan temperature tinggi sehingga glazur menyatu dengan body genteng, dengan proses tersebut genteng tidak akan retak, tidak bocor, warna tidak pudar, tidak meleot,  dan tahan lama karena tidak memiliki pori-pori, tidak menyerap air yang sering membuat genteng cepat rusak,” ujar Jhon.

Aksesoris Terlengkap

Selain memiliki profile terlengkap, KANMURI juga memiliki aksesoris terlengkap untuk seluruh keperluan detail atap, seperti aksesoris lapping tile yang tidak dimiliki oleh brand lain, fungsinya untuk melindungi area di bawah nok yang sering rembes dan bocor.

Terbaru dari KANMURI mengenalkan system pemasangan tanpa semen atau Cement Free dimana di luar negeri sistem ini sudah populer. Cement Free ini penting bagi masyrakat  karena pada umumnya  pemasangan menggunakan semen pada area karpus nok beresiko retak-retak mengakibatkan rembes dan bocornya atap rumah, bekas semen yang akan menempel sehingga menggangu estetika atap. Dengan Cement Free, atap bebas bocor, Bersih tanpa noda semen, mudah dan cepat sehingga menghemat biaya, waktu dan tenaga.

Produk aksesoris genteng kanmuri.

“Banyak orang menilai harga genteng KANMURI mahal, padahal biaya genteng hanya 1% dari nilai keseluruhan rumah, sangat kecil sekali mengingat fungsinya sangat penting untuk melindungi seluruh isi rumah yang bernilai lebih dari pada itu. Jadi pertimbangan dalam memilih genteng jangan hanya dilihat dari harga awal yang terlihat lebih mahal, tapi yang harus diperhatikan adalah value untuk jangka panjangnya, karena bila sudah bocor, biaya perbaikan akan lebih mahal dan sangat sulit untuk diperbaiki”, kata John.

Karena itu, kita harus cermat dan bijak sebelum melakukan pemilihan genteng sewaktu ingin membangun rumah idaman.

Membeli genteng adalah keputusan satu kali untuk jangka waktu yang sangat lama. Keputusan yang salah tentu akan mengakibatkan biaya yang jauh lebih besar untuk memperbaikinya. Hanya KANMURI solusi terbaik sekali pakai untuk selamanya. (buyung)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.