Kementerian PUPR dapat pagu indikatif tahun 2020 Rp103,87 triliun

0

Berita Bisnis – Jakarta (ANTARA) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan pagu indikatif untuk Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp103,87 triliun atau lebih kecil dari pagu yang diusulkan sebesar Rp137,48 triliun.

Hal itu diputuskan dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI tentang Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun Anggaran 2020 di Gedung MPR/DPR Jakarta, Rabu.

“Program infrastruktur PUPR tahun 2020 akan melanjutkan atau menyelesaikan Proyek Strategis Nasional, menuntaskan capaian target Renstra/RPJMN 2015-2019, serta meningkatkan program kerakyatan seperti Rumah Swadaya, Pembangunan Jembatan Gantung dan lainnya,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Basuki menyebutkan dari hasil kajian Bappenas berdasarkan pelaksanaan program 2015-2018, sembilan sasaran pokok yang tercapai adalah pembangunan jalan nasional, jalan baru, jalan tol, irigasi rawa, rehabilitasi irigasi, waduk, kota baru, pelatihan konstruksi dan sertifikasi konstruksi.

Sementara itu,  delapan sasaran pokok yang perlu kerja keras untuk dicapai adalah kemantapan jalan, irigasi tambak, irigasi waduk, air baku, daya tampung air, sanitasi, air minum bagi masyarakat berpenghasilan rendah, dan penanganan permukiman kumuh. Kemudian, empat sasaran pokok yang sulit tercapai adalah pengendalian banjir, air minum, sanitasi bagi MBR dan penyediaan hunian layak.

Untuk dapat mencapai sasaran tersebut, dari pagu indikatif sebesar Rp103,87 triliun; diperuntukkan pembangunan infrastruktur sumber daya air sebesar Rp38,8 triliun; pembangunan konektivitas Rp38,8 triliun; pembinaan dan pengembangan infrastruktur permukiman Rp15,6 triliun; perumahan Rp8 triliun dan sisanya untuk perencanaan, pengawasan, pengembangan inovasi teknologi dan layanan manajemen.

  Kementerian PUPR targetkan huntara Sulteng rampung 24 April

Sumber : Kementerian PUPR dapat pagu indikatif tahun 2020 Rp103,87 triliun

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.