Luhut ingatkan pengembangan mobil listrik jangan bergantung impor

0

Berita Bisnis – Kalau hal ini tidak kita wujudkan, maka dengan tingkat polusi yang sudah semakin parah ini, kita bisa bayangkan bagaimana dampaknya terhadap anak cucu kita, mereka nanti bisa menjadi generasi yang stunting akibat terpapar polusi, katanya.Jakarta (ANTARA) – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan agar pengembangan mobil listrik jangan terlalu bergantung pada impor.

Menurut dia, Indonesia telah memiliki sejumlah hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik mulai dari bahan baku baterai hingga sumber daya manusia (SDM).

“Harus dipikirkan bagaimana kita membuat sebanyak mungkin di dalam negeri, agar cost lebih murah karena market kita besar dan barang raw material kita juga punya, SDM-nya ada, teknologinya juga kita kembangkan bekerja sama dengan pihak luar,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

“Kalau spiritnya seperti itu, kita pasti bisa. Jadi bagaimana kita menjual kehebatan kita ini, jangan kita hanya impor saja, kita buat di dalam, jadi menciptakan nilai tambah, lapangan kerja, menambah pendapatan dari pajak dan sebagainya,” kata Luhut lagi.

Luhut menyampaikan hal tersebut kala menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Listrik Berbasis Baterai di Gedung BPPT Jakarta.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Intan Cahyani menyatakan kesiapan perusahaan pelat merah itu atas penugasan tersebut.

Sripeni mengatakan, penandatanganan MoU menjadi langkah awal dalam pengembangan kendaraan listrik.

“Setelah kami ditantang oleh Pak Menko, kami langsung membentuk tim, kami langsung bertemu door to door dan kami langsung menyiapkan MoU ini. Yang jelas kami sudah siap, kami sudah menyiapkan tim dan langkah selanjutnya dalam tempo satu bulan ini kami akan melakukan joint planning untuk segera menyiapkan perencanaan agar kami bisa cepat juga menyediakan SPKLU-nya,” jelasnya.

Sumber : Luhut ingatkan pengembangan mobil listrik jangan bergantung impor

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.