Otomotif Indonesia tatap optimis paruh kedua 2019

0

Berita Bisnis – Jakarta (ANTARA) – Industri otomotif nasional masih menyimpan optimisme terhadap angka penjualan pada paruh kedua 2019 meskipun mengalami penurunan sampai 13 persen pada semester pertama.

Mengutip data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan pada enam bulan pertama 2019 sebanyak 481.577 unit. Angka itu lebih rendah dibanding periode yang sama pada 2018 sebanyak 553.773 unit.

Suzuki Indomobil Sales (SIS) optimistis penjualan mobil pada semester kedua akan melejit. Alasannya, tren berbelanja masyarakat cenderung meningkat pada semester kedua. Selain itu, terdapat dampak politik terkait Pemilu yang menurun dan program penjualan seperti diskon yang ditawarkan menjelang akhir tahun.

“Memang, analisis tren market secara tahunan terbagi dua, semester pertama dan kedua. Tren musiman terjadi saat Lebaran. Pada lima sampai delapan tahun belakangan, tren penjualan naik setelah Lebaran (semester kedua),” kata Head of Brand Development Marketing Research 4W PT SIS Harold Donnel, dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Jumat (19/7).

Harold juga mengatakan efek tahun politik akan segera berakhir sehingga masyarakat yang semula mengambil sikap wait and see akan membelanjakan uang mereka menyusul suku bunga yang lebih stabil.

“Optimisme kami terhadap pasar karena Pemilu yang stabil, tren market pada semester kedua, dan program penjualan yang melimpah,” kata Harold sembari menambahkan Suzuki menaikkan target penjualan dalam GIIAS 2019 dari 1.000 unit pada 2018 menjadi 1.250 unit.

Sumber : Otomotif Indonesia tatap optimis paruh kedua 2019

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.