Peneliti sebut tubuh manusia bisa sembuhkan diabetes di masa depan

0

Gaya Hidup – Jakarta (Warta Online) – Diabetes adalah sebuah penyakit di mana tubuh tak mampu memproduksi insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah, karena sel-sel insulin rusak atau tidak ada. Banyak pasien diabetes mengkonsumsi suplemen insulin demi mengatur kadar gula darah,  Medical Xpress, Selasa.

Para peneliti di University of Bergen bersama para peneliti internasional lainnya telah menemukan bahwa sel-sel yang menghasilkan glukagon (antagonis dari insulin) di pankreas dapat mengubah identitasnya dan beradaptasi untuk memperbaiki sel-sel insulin yang rusak atau hilang.

“Bisa saja kita menghadapi awal dari sebuah bentuk pengobatan yang sama sekali baru untuk diabetes, di mana tubuh dapat memproduksi insulin sendiri, dengan beberapa bantuan di awal,” kata peneliti Luiza Ghila di  Raeder Research Lab, Department of Clinical Science, University of Bergen (UiB).

Para peneliti menemukan hanya sekitar dua persen dari sel-sel yang berdekatan di pankreas dapat mengubah identitas. Kendati demikian, mereka optimis mengenai potensi pendekatan pengobatan baru. 

Sumber : Peneliti sebut tubuh manusia bisa sembuhkan diabetes di masa depan

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.