Permintaan AC diperkirakan terus tumbuh, tak terpengaruh tahun politik

0

Berita Bisnis – Jakarta (Warta Online) – Permintaan pengatur suhu dalam ruang atau air conditioner (AC) diperkirakan terus tumbuh tahun ini, meskipun tahun ini disebut tahun politik karena akan ada pemilu pada 17 April.

“AC itu bukan produk lifestyle, tapi kebutuhan. Kalau konsumen merasa panas, pasti beli AC karena butuh,” kata Product Marketing RAC PT LG Electronics Indonesia (LGEIN) Dimas Anugra Raditya di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan berdasarkan pengalaman pemilu tahun 2009 dan 2014, permintaan AC tidak terpengaruh gonjang-ganjing politik. Konsumen, kata dia, cenderung beli AC karena kebutuhan. 

Berdasarkan asumsi AC sebagai kebutuhan itulah, perusahaan elektronik asal Korea Selatan yang telah memiliki pabrik di Indonesia itu, memproyeksikan pertumbuhan tingggi penguasaan pasar AC, khususnya AC dengan teknologi inverter yang lebih hemat energi.

“Tahun ini kami menargetkan penguasaan pasar AC inverter sebesar 69 persen,” kata Dimas pada diskusi tentang prospek pasar AC di Indonesia.

Dikatakannya sejak LGEIN memutuskan fokus menggarap pasar AC inverter pada 2018 permintaan AC dengan teknologi yang mampu menghemat konsumsi listrik 40 persen hingga 70 persen itu melonjak signifikan.

Data riset independen Global for Knowledge (Gfk) menyebutkan pada 2016 porsi AC inverter di Indonesia baru mencapai 4,4 persen dari total pasar AC secara nasional.

Sumber : Permintaan AC diperkirakan terus tumbuh, tak terpengaruh tahun politik

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.