Diminati Konsumen, Perumahan ini Hadirkan Konsep TOD

0

Properti : Stasiun Commuterline Metland Telaga Murni, yang berada di lingkungan perumahan Metland Cibutung, sejak 18 Mei lalu telah resmi di uji cobakan pengoperasiannya. Warga yang tinggal di sekitar stasiun yang dibangun pengembang PT Metropolitan Land Tbk, merasa senang dan menyambut dengan antusias, terutama bagi warga perumahan Metland Cibutung.

Biasanya, sebelum Stasiun Metland Telaga Murni dioperasikan, warga harus naik dari Stasiun Cibitung yang jarak tempuhnya bisa mencapai 25 menit dari perumahan Metland Cibitung. Selama ini lintasan KRL dari Bekasi hingga Cikarang melewati empat stasiun yang meliputi Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Tambun, Stasiun Cibitung, dan Stasiun Cikarang. Keberadaan Stasiun Metland Telaga Murni akan mengisi kekosongan antara Stasiun Cibitung dan Stasiun Cikarang.
Seperti diketahui pembangunan Stasiun Metland Telaga Murni, sebenarnya sudah dimulai sejak Agustus 2016, dengan biaya pembangunan mencapai puluhan miliar. Seperti yang diungkapkan Finance Director and Corporate Secretary PT Metropolitan Land Tbk. Olivia Surodjo mengatakan, pembangunan Stasiun Telaga Murni menggunakan anggaran belanja perseroan sekitar Rp80 miliar.
Stasiun ini dibangun dengan sangat megah, dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, seperti eskalator, elevator, ruang menyusui, mushala, pos kesehatan. Untuk parkir, pengembang masih mengizinkan menggunakan jalan raya yang ada di depan stasiun.
Metland Cibitung menghadirkan perumahan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD). Konsep TOD yang dikembangkan di Metland Cibitung ini merujuk pada terintegrasinya kawasan perumahan ini dengan stasiun kereta api dan Commuterline Telaga Murni.
Selain itu, salah satu tujuan dikembangkannya konsep TOD yang ada pada perumahan ini adalah untuk mengurangi ketergantungan manusia akan kendaraan pribadinya. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi tingkat kemacetan karena dengan konsep TOD ini fungsi dan peran dari transportasi masal menjadi lebih dimaksimalkan.
Robbyansyah Evar ST, General Manager PT Fajarputera Dinasti, pengembang kawasan Metland Cibitung, anak usaha PT Metropolitan Land Tbk (Metland), menjelaskan bahwa Stasiun Metland Telaga Murni dibangun seluas 2.000 meter persegi di atas lahan 2.051 meter persegi. Stasiun ini memiliki fasilitas peron 260 meter untuk 12 rangkaian kereta.
“Keberadaan stasiun ini akan mengakomodir penumpang-penumpang di sekitaran Cibitung, mulai dari telaga murni sampai dengan Cikarang Bekasi Laut (CBL)/Sukatani,” kata Robby.
Diharapkan dengan adanya stasiun Metland Telaga Murni ini, warga Metland Cibitung dan sekitarnya mendapatkan kemudahan alternatif transportasi dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari.
Khairul , Salah seorang warga yang tinggal di Metland Cibitung merasa terbantu dengan dioperasikannya Stasiun Metland Telaga Murni. “kalau dulu, sebelum beroperasinya stasiun Metland Telaga Murni (18/5/2019), saya biasanya naik commuterline dari Stasiun Cibitung dengan waktu tempuh sekitar 25 menit. Kalau sekarang, hanya 5 menit dengan menggunakan sepeda motor atau dengan Ojek Online,”tuturnya.
Untuk masalah parkir, sementara ini pengembang masih mengizinkan fasilitas jalan, yang berada di depan stasiun digunakan sebagai Area parkir. Di Area parkir ini terpasang spanduk yang bertuliskan “Parkir Gratis”.
Suatu ketika di hari Minggu, saya dan keluarga mencoba menikmati konsep TOD yang digaungkan pengembang ini. Naik commuterline dari stasiun Metland Telaga Murni, kemudian transit di Stasiun Jatinegara. dilanjuti naik commuterline dengan relasi Stasiun Jatinegara – Stasiun Bogor dan turun di Stasiun Kampung Bandan. Lalu masuk dan keluar dari WTC Mangga dua. Terakhir naik Busway yang ada di depan WTC Mangga Dua menuju Ancol. Begitu sebaliknya ketika kembali pulang, dengan mengatur waktu jam kepulangan yang disesuaikan dengan jadwal commuterline relasi Jakarta-Cikarang.
“perjalanan cukup aman, nyaman. Tidak harus menghadapi kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi di Jabodetabek ini,” kisah lelaki yang bekerja di kawasan Tebet, Jakarta Selatan ini. (buyung)

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.