Sektor finansial Indonesia dinilai lebih terkonsolidasi

0

Berita Ekonomi – Indonesia juga memiliki sistem perbankan yang kuat dan kebijakan ekonomi yang sehatJakarta (ANTARA) – Sektor finansial Indonesia saat ini dinilai lebih terkonsolidasi, sehingga perlu dipupuk agar dapat lebih tahan dalam menghadapi berbagai potensi resesi global.

“Trauma yang disebabkan oleh krisis keuangan di Asia pada tahun 1998 telah menjadikan sektor keuangan Indonesia menjadi lebih terkonsolidasi serta adanya konsensus politik seputar kebijakan fiskal dan moneter yang lebih kompeten dan bijaksana,” kata Direktur Eksekutif Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Rainer  Heufers dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Menurut Rainer, pihaknya berharap perlunya kestabilan iklim politik dan proses demokrasi yang kuat di Indonesia.

Indonesia, menurut dia, juga memiliki masyarakat sipil yang aktif dan kebebasan pers yang relatif baik.

Selain itu, ia juga mengemukakan bahwa Indonesia juga memiliki sistem perbankan yang kuat dan kebijakan ekonomi yang sehat, serta ketersediaan pembiayaan yang semakin luas.

Indonesia, lanjutnya, juga telah terbukti memiliki jiwa wirausaha yang akan terus meningkatkan taraf kehidupan masyarakatnya sebagaimana dibuktikan oleh dinamisnya perkembangan perusahaan startup (rintisan) dalam lanskap perdagangan elektronik.

Sumber : Sektor finansial Indonesia dinilai lebih terkonsolidasi

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.