Minyak naik ditopang harapan permintaan akan pulih dari efek corona

0

Berita Bursa
Proses likuidasi besar-besaran yang mendorong harga turun tajam bulan lalu kemungkinan telah berakhir….New York (ANTARA) – Harga minyak naik lebih dari satu persen pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), membukukan kenaikan mingguan pertama sejak awal Januari, karena investor bertaruh dampak ekonomi dari virus corona akan berumur pendek dan berharap stimulus bank sentral China lebih lanjut untuk mengatasi perlambatan.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman April naik 0,98 dolar AS atau 1,74 persen menjadi ditutup pada 57,32 dolar per barel. Brent menguat 5,23 persen sejak Jumat lalu (7/2/2020), kenaikan mingguan pertama dalam enam pekan terakhir.

Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret berakhir 0,63 dolar AS atau 1,23 persen lebih, menjadi 52,05 dolar AS per barel. WTI mencatat kenaikan mingguan 3,44 persen.

“Proses likuidasi besar-besaran yang mendorong harga turun tajam bulan lalu kemungkinan telah berakhir dan digantikan oleh akumulasi serta short-covering dari spekulan yang baru-baru ini memasuki pasar,” Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates, mengatakan dalam sebuah catatan.

Kremlin mengatakan belum mencapai keputusan tentang pembatasan produksi lebih lanjut. Tetapi sumber-sumber industri mengatakan meningkatnya pasokan minyak di Rusia dan janji akan membanjirnya dolar dari penjualan bank terkemuka memperkuat kasus ini.

Bank investasi UBS mengatakan dalam sebuah catatan bahwa kekhawatiran permintaan komoditas kemungkinan akan bertahan dan “kelas aset akan menunjukkan sedikit volatilitas yang wajar dalam beberapa minggu mendatang.”

“Kami menganggap aktivitas ekonomi China serta permintaan komoditas akan pulih” mulai kuartal kedua, katanya.

Di Amerika Serikat, perusahaan energi meningkatkan rig minyak selama dua minggu berturut-turut, menambahkan dua rig dan totalnya menjadi 678 rig, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes Co.
 

Sumber : Minyak naik ditopang harapan permintaan akan pulih dari efek corona

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.